Rabu, 16 Oktober 2013

Mobil India, Bisakah Mendulang Untung Di Indonesia?

| Rabu, 16 Oktober 2013 | 1 komentar



Pada IIMS lalu pasar otomotif indonesia kedatangan pemain baru. Tata Motors. Bertepatan dengan regulasi LCGC yang baru ketok palu, pabrikan mobil termurah sekolong jagad ini resmi mengaspal.


Bagaimanakah peluang Tata dalam memperebutkan kue market share yang selama ini dikuasai oleh pabrikan Jepang-Amerika?


Tanpa bermaksud meremehkan, sepertinya cukup sulit bagi pabrikan India ini untuk menembus pasar Indonesia yang unik. Di Indonesia golongan menengahnya (konsumen R4) memang menginginkan mobil murah, sama seperti yang di sajikan pada produk Tata, namun tidak tampak murahan. Baik dari sisi desain & terutama brand/merek yang disandang.


Dan bahkan sejatinya tren ini pun sudah mulai merembet ke Negara asalnya mobil murah, India. Saat ini kabarnya bahkan Tata harus merumahkan sebagian karyawannya, karena permintaan mobil penumpang mereka terus menurun. Analis pun memprediksi jika permintaan konsumen tak kunjung naik kemungkinan tahun ini akan ada efiaiensi produksi dengan phk buruh Tata Motors lagi.


Seolah mengerti dengan perubahan mindset konsumen saat ini, Tata sepertinya mulai berbenah. Penyematan Teknologi terkini mulai diaplikasikan ke jajaran line up nya, termasuk varian termurah Nano, meski imbasnya harga terdongkrak naik.


Untuk Indonesia sendiri Tata sepertinya cukup hati-hati, line up termurah sampai saat ini masih di simpan, baru Tata Vista, hatchback mungil yang sudah wara-wiri di iklan televisi.
Published with Blogger-droid v2.0.10

1 komentar:

Malin Sia mengatakan...

Iklannya justru bikin illfil...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2012-2013. rompats.bp.com . All rights reserved | rompats.bp.com is proudly powered by Blogger.com